• gambar
  • header

Selamat Datang di Website MI Muhammadiyah Kenteng (MIMUDAKU) Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Unggulan Demangrejo Kulon Progo

Pencarian

Kontak Kami


MADRASAH IBTIDAIYAH MUHAMMADIYAH KENTENG (MIMUDAKU)

NPSN : 60714003

Kenteng, Demangrejo, Sentolo, Kulon Progo, DIY


[email protected]

TLP : 081229430903


          

Banner

Jajak Pendapat

Bagaimana pendapat anda mengenai web sekolah kami ?
Sangat bagus
Bagus
Kurang Bagus
  Lihat

Statistik


Total Hits : 189185
Pengunjung : 70556
Hari ini : 43
Hits hari ini : 59
Member Online : 0
IP : 18.97.9.171
Proxy : -
Browser : Opera Mini

Status Member

Pembentukan Jati Diri dan Makhluk Sosial Lewat Pembelajaran Penjas di Madrasah Ibtidaiyah




Pembelajaran penjas di madrasah itu sangat penting (muthlak sangat dibutuhkan). Tujuan utama dari pembelajaran pendidikan jasmani yaitu untuk meningkatkan kebugaran jasmani.  Pendidikan jasmani merupakan salah satu alat penting untuk merangsang pertumbuhan dan perkembangan, karena pendidikan jasmani kaitannya erat dengan gerak manusia. Gerak manusia sebagai aktivitas jasmani merupakan kebutuhan hidup, yaitu sebagai dasar manusia untuk belajar, baik belajar mengenal alam sekitar dalam usaha memperoleh berbagai pengalaman berupa pengetahuan, ketrampilan, nilai dan sikap, serta untuk belajar mengenal  dirinya sendiri sebagaii makhluk sosial dan makhluk individu dalam usaha penyesuaian.

Mata pelajaran penjas bisa dikatakan pelajaran yang paling diminati oleh siswa yang ada di madrasah. Mata pelajaran ini bisa memberikan kesempatan kepada siswa untuk terlibat langsung dalam aneka pengalaman belajar melalui aktifitas jasmani, bermain dan berolahraga yang dilakukan secara sistematis. Pada Madrasah kami (MI Muhammadiyah Kenteng), kami sebagai guru PJOK mempunyai tips dalam mengajar agar suasana pembelajaran tidak membosankan dan siswa tidak mudah lelah pada saat megikuti pembelajaran PJOK, yaitu dengan cara:

Penyampaian dan pelaksanaan materi tetap sesuai dengan RPP.  Sebelum masuk ke materi inti, siswa melakukan pemanasan secara statis dan dinamis. Setelah itu dilanjutkan pemanasan dengan sebuah permaian. Permainan yang digunakan biasanya permaianan sederhana/tradisional yang dimodifikasi. (contoh: permainan tradisional candak dodok yang dimodifikasi cara mematikannya dengan bola kecil yang ditembakkan ke kaki, permainan tradisional jala ikan dll) tujuan dari pemanasan dengan permainan adalah untuk menarik perhatian siswa.  Bentuk pemanasan yang menarik sangat penting untuk diberikan supaya siswa melakukan pemanasan secara sungguh-sungguh. Ketika anak-anak melakukan pemanasan yang menarik, dapat diduga bahwa secara fisik dan mental anak akan siap untuk mengikuti pembelajaran. Kesiapan mereka ditandai oleh semangat mereka yang meningkat akibat kegiatan pemanasan.

Pemanasan permainan juga mengandung tuntutan untuk bertindak dan berfikir analitis, dikaitkan dengan gerak siswa. Karena setiap anak yang terlibat dalam permainan seolah dikondisikan untuk secara tepat dan cermat mengolah rangsang lingkungan didalam otaknya untuk memberikan respon yang tepat.  Pada penyampaian dan pelaksanaan materi inti juga dibuat secara bervariasi karena untuk menjaga/menghindari kebosanan siswa. Misalkan variasi dalam pemberian contoh, variasi, dalam penggunaan media dan sumber belajar, metode dalam interaksi dan kegiatan peserta didik, dll.  Dan pada saat kegiatan penutup : siswa melakukan kegiatan pendinginan (bisa dengan permaianan). Kegiatan refleksi, ulasan kegiatan, umpan balik (motivasi, dll)  dilakukan setelah melakukan gerakan pendinginan. 

Secara realita, anak tidak merasakan mudah lelah apabila kegiatan yang diikuti/dilakukan dirasa seru dan tidak membosankan serta materi akan mudah tersampaikan. Selama kegiatan pembelajaran berlangsung, tidak lupa juga selalu memberikan koreksi kepada siswa baik secara individual maupun secara kelompok. Mari ciptakan suasana pembelajaran semenarik mungkin, agar semangat siswa bertambah sehingga dapat tercapainya tujuan dari pembelajaran itu. Madrasah Hebat Bermartabat. 

Penulis : Aishaturohmah,S.Pd

Guru Penjas MI Muhammadiyah Kenteng




Share This Post To :

Kembali ke Atas

Artikel Lainnya :





   Kembali ke Atas